Press "Enter" to skip to content

TANGGAP COVID-19, FORKOM WISATA SURABAYA LAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFECTAN DI PASAR BUNGA BRATANG

Surabaya – Dampak dari wabah virus corona kian hari kian terasa disemua sector kehidupan. Kebijakan penutupan di berbagai fasilitas umum dan layanan umum sebagai langkah pencegahan menjadikan ekonomi menjadi sulit. Salah satu bidang yang sangat terdampak adalah pariwisata, dengan penutupan lokasi destinasi wisata pastinya akan berimbas pada keberlangsungan destinasi wisata tersebut.

Beratnya beban destinasi tersebut membuat Forum pengelola Objek Wisata Kota Surabaya ( Forkom Wisata Surabaya ) bergerak dan tidak mau larut dalam kesedihan. Forkom Wisata Surabaya yang beranggotakan para pengelola objek wisata di kota Surabaya ini bangkit dan berinisiatif untuk bergerak tanggap yaitu dengan melakukan penyemprotan terhadap destinasi wisata di Kota Surabaya.

Ditemui terpisah saat rapat persiapan penyemprotan, Irpan Harianja, SH., M.H., M.Kn., Pembina Forkom Wisata Surabaya menyampaikan bahwa Forkom akan bergerak dan memberi perhatian terhadap destinasi wisata yang ada di kota Surabaya.  Menurut Irpan, kegiatan penyemprotan ini sebagai salah satu bentuk semangat bahwa semua objek wisata peduli terhadap permasalahan bangsa saat ini namun tidak ingin tinggal diam. Dengan penyemprotan ini diharapkan semua destinasi wisata dapat kembali normal dan diijinkan untuk menerima pengunjung lagi seperti sedia kala.

Kegiatan pertama dilaksanakan pagi tadi, Sabtu 28 Maret 2020 bertempat di Pasar Bunga Bratang dilaksanakan penyemprotan. Pasar Bunga Bratang dipilih karena lokasi ini sangat potensial mendatangkan massa, setiap harinya ramai dikunjungi pembeli sehingga perlu untuk dibebaskan dari virus corona.

Penyemprotan yang didukung oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ( DKPP ) Kota Surabaya ini menyisir  setiap lorong yang ada dipasar. Semua celah – celah disemprot oleh petugas dengan teliti, para pemilik kios sangat bergembira dan gotong royong membantu petugas. Tak sungkan – sungkan, dengan bersemangat Pak Irpan, panggilan Pembina Forkom ini serta Pak Bambang Ketua Forkom ikut menyemprotkan disinfectan.

Untuk  mendukung sterilisasi lokasi, Pak Irpan juga menyerahkan semprotan Hand sanitizer kepada pak Utomo, salah satu perwakilan dari pedagang bunga di pasar bunga bratang. Dengan pembagian hand sanitizer ini diharapkan para pedagang juga bersih, paling tidak menjaga kesehatan jangan sampai tertular virus Corona atau covid-19 ini.

Penyemprotan ini direncanakan  kontinyu dilaksanakan, bergiliran dengan skala prioritas destinasi wisata yang rentan terhadap penyebaran virus corona. Setelah ini rencana akan dilaksanakan penyemprotan di  Wisata kampong lawang seketeng, salah satu kampung bersejarah dikota Surabaya.

 ( CakMet, 28/3 )

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    shares