Press "Enter" to skip to content

Kampung KB : Pendewasaan Usia Perkawainan untuk menyiapkan Generasi yang sejahtera

Gatmedia.id – Untuk menyiapkan keluarga yang sejahtera, pemerintah terus menggalakkan berbagai program bagi masyarakat seperti program kampung KB ( Keluarga Berencana ). Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan bagi orangtua terkait pendewasaan usia perkawinan.
Seperti halnya yang dilaksanakan oleh RW.VII Kelurahan Gununganyar Tambak sebagai salah satu wilayah program kampung KB yaitu posyandu dan penyuluhan bagi orangtua.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa ( 7/9 ) itu bersamaan dengan kegiatan Posyandu yang bertempat di serambi Masjid Al Multazam.Hadir pada kesempatan tersebut petugas PLKB ( Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana ) Kecamatan Gununganyar, Bapak Kris Jumiantoko serta petugas dari DP5A ( Dinas Pengendalian Penduduk, Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ). Menurut Pak Kris, target dari kegiatan penyuluhan ini adalah para orangtua agar mereka memahami tentang pendewasaan usia perkawinan.

“ Usia siap menikah adalah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki – laki “ jelas pak Kris. Dalam kesempatan tersebut juga dsampaikan bahwa menikah diusia dini sangatlah rentan masalah, diantaranya adalah kekerasan dalam rumahtangga, perceraian dan lain – lain. Penyuluhan ini adalah bagian dari program Kampung KB sehingga hal ini akan dlaksanakan secara berkeseinambungan.
Setelah selesai penimbangan, ibu – ibu peserta diputarkan film terkait pengetahuan tentang pernikahan dan pendewasaan usia pernikahan.

Tak hanya ibu – ibu saja, ada beberapa bapak yang mengantarkan anaknya untuk posyandu juga ikut dan sangat antusias untuk mendengarkan penjelasan dari narasumber. Beberapa pertanyaan dari narasumber dijawab dengan baik oleh para orangtua yang hadir.

Sebagai kenang – kenangan, petugas PLKB memberikan hadiah atas keberaniannya untuk menjawab pertanyaan dengan benar. ( Cak Met, 9/9)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    shares