Press "Enter" to skip to content

Lolos 500 RW Terbaik, RW.VII siapkan Urban Farming untuk SSC 2019

Urban Farming Wilayah RW.VII Kel. Gununganyar Tambak

Surabaya,  RW.VII Kel. Gununganyar Tambak adalah salah satu wilayah yang lolos seleksi 500 RW terpilih untuk maju pada babak selanjutnya pada lomba SSC ( Surabaya Smart City ). Lomba yang merupakan kelanjutan dari lomba serupa tahun sebelumnya yaitu Surabaya Green and Clean ( SGC ) akan memilih wilayah terbaik yang berhasil membangun lingkungannya.

Setelah lolos 500 besar, Team SSC RW.VII terus melakukan inovasi dan perubahan lingkungan. Sebagai langkah awal warga membuat urban Farming, konsep bertanam di perkotaan yang menggunakan lahan atau ruang yang ada. Diperkotaan tentu ketersediaan lahan sangat terbatas, berbeda dengan pedesaan. Dengan memanfaatkan tanah kosong dan beberapa lahan sempit warga bergotongroyong untuk bercocok tanam sayu – sayuran dan toga.

Taman RT.04

Team SSC RW.VII yang terdiri dari 2 RT tersebut memang dikenal menjadi wilayah yang gemar sekali bercocok tanam. Karena itu lingkungan sekitar menjadi hijau, disana sini akan kita lihat tanaman bunga dan aneka sayuran akan menghiasi depan rumah warganya.

Area taman toga yang merupakan bekas lahan kosong tidak produktif disulap menjadi sebuah taman yang indah dengan aneka tanaman obat yang  siap dikembangkan untuk kemanfaatan warganya. Sementara itu area bercocok tanam sayuran sudah disiapkan lahan, walaupun tidak terlalu luas namun aneka tanaman sayuran dapat menghibur dan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi warga.

Keaktifan warga RW.VII yang sudah memiliki segudang prestasi tersebut hingga saat ini tidak berkurang semangat. Alhamdulillah dengan semangat kebersamaan tersebut, wilayah RW.VII yang dahulunya gersang kini berubah menjadi hijau nan asri. ( Cakmet, 21/9)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    shares