Press "Enter" to skip to content

Pegiat KIM se-Surabaya ikuti Pelatihan Pembuatan ILM di Taman Flora.

Surabaya – Memproduksi sebuah film, iklan atau membuah sebuah video ternyata membutuhkan perhatian dan ilmu yang khusus. Selain ilmu peran bagi para actor, tehnikl pengambilan gambar, editing dan persiapan – persiapan lain turut mengambil peran penting dalam sebuah produksi film.

Seperti yang disampaikan oleh Cak Oyot, salah satu pemain film dan presenter dalam giat Pelatihan pembuatan ILM ( Iklam Layanan Masyarakat ) di Taman Flora, Sabtu 31 Agustus 2019 yang lalu. Menurut Cak Oyot, untuk menjadi actor  yang baik harus banyak belajar tentang jenis – jenis karakter seperti antagonis, pentagonis dan lainnya. Dengan memahami karakter dari tokoh yang akan dimainkan maka akan menghasilkan seni peran yang baik pula.

Tak cukup tehnik peran, bagaimana mengolah intonasi suara juga akan mempengaruhi kualitas audio atau percakapan. Dengan intonasi yang sesuai dan tata vocal yang pas maka dialog yang disampaikan akan terasa hidup atau tidak hambar.

Selain tehnik peran, psersiapan produksi, tehnik pengambilan gambar dan editing juga sangat berpengaruh terhadap hasil film yang akan diproduksi. Menurut Iwan dan Dika team produksi sebuah PH memberikan pengalamannya bahwa persiapan yang matang sebelum produksi missal survey lokasi syuting, kostum, perlengkapan dan lainnya juga harus fix.

Dika menambahkan, untuk membuat sebuah film atau video saat ini tidak terlalu sulit, dengan smartphone pun sudah bisa. Hal ini karena didukung oleh tehnologi yang ada pada smartphone sudah canggih sehingga tidak perlu alat atau kamera yang mahal – mahal kita sudah bisa membuat sebuah video atau film.

Selain kualitas kamera yang bagus, saat ini juga sudah banyak software editing yang bisa dijalankan pada perangkat smartphone. Jadi setelah kita mengambil gambar bisa langsung diedit dan dishare melalui smartphone kita, praktis bukan !.

Dengan pelatihan ini diharapkan semua peserta akan mengikuti lomba pembuatan ILM, vlog dan Blog yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kota Surabaya untuk para Pegiat KIM seSurabaya.

Selesai pelatihan, para peserta menyebar untuk praktek pembuatan video ILM. Dengan waktu satu jam para peserta yang dibagi menjadi 4 team sdh dapat menyelesaikan tugas praktek. Apapaun hasilnya menurut Iwan, para peserta sudah luar biasa mengingat dengan waktu yang mepet bisa membuat video dengan baik. ( Cak Met )

Berikut salah satu hasil praktek singkat pembuatan Iklan Layanan Masyarakat tentang kesehatan lingkungan.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    shares