Press "Enter" to skip to content

Masuk 3 Besar Kampung KB Terbaik Kota Surabaya, DP5A Meninjau Kampung KB Kharisma

Gatmedia.id – Perjalanan Kampung KB Kharisma kian hari kian menunjukkan eksistensinya. Setelah melewati perjalanan panjang akhirnya perjuangan warga RW.VII mendapat perhatian dari DP5A ( Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ). Kampung KB Kharisma kini masuk dalam 3 besar Kampung KB terbaik di Kota Surabaya.

Bukan hanya isapan jempol belaka, siang tadi pukul 13.00 WIB rombongan dari DP5A bersama para fasilitator kampung Kb berkunjung di wilayah RW.VII, lokasi Kampung KB Kharisma yang selama ini selalu berbenah. Team dari DP5A ingin tahu lebih dekat bagaimana situasi dan kondisi di kampung KB Kharisma setelah selama ini hanya menerima informasi dan laporan saja.

Bersama PLKB ( Penyuluh lapangan Keluarga Berencana ) Kec. Gununganyar, Ibu Inung  seluruh rombongan diterima oleh Ketua RW.VII, Bapak M. Sholikhin yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Kampung KB Kharisma di rumah Ibu Sri Murtiah, ketua PKK RW.VII Kel. Gununganyar Tambak. Ibu Sri Murtiah menjelaskan panjang lebar tentang kiprah kampung KB Kharisma, kegiatan dan beberapa perubahan setelah adanya program kampong KB ini.

Salah satu hasil dari pembinaan yang saat ini sudah berjalan adalah beberapa produk usaha warga RW.VII seperti minuman sere, sambel pecel, minuman sinom serta usaha jampel. Tak hanya itu Sri Murtiah juga menceritakan bagaimana semangat warga yang antusias mengikuti setiap kegiatan dan pelatihan sehingga dampak perubahan langsung bias terlihat. Diantara perubahan setelah adanya program kampong Kb ini adalah wilayah RW.VII yang semakin menghijau, bersih, bank sampah disetiap RT, kegiatan penyuluhan remaja dan lansia juga berjalan dengan baik.

Setelah itu, rombongan menuju rumah data yang terletak dirumah Bapak Slamet Efendi, Koordinator Pokja Kependudukan. Team melihat papan data dan informasi kependudukan yang sudah memenuhi syarat. Informasi kependudukan serta progress dari program kampong KB tertempel dengan jelas. Slamet Efendi menjelaskan bahwa saat ini salah satu agenda dari pokja kependudukan adalah digitalisasi data kependudukan dan dokumentasi.

Semua kegiatan sudah di upload di websitenya kampung KB sehingga tidak takut kehilangan dokumentasi kegiatan. Tak hanya itu, dibidang kependudukan juga direncanakan penggunaan program database yang terintegrasi dengan pelayanan masyarakat. “ Program tersebut saat ini terus diupgrade agar sesuai dengan kebutuhan kampong kb “ jelas Slamet. ( Cak Met )

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    shares