Press "Enter" to skip to content

Slamet Efendi : “Tempatkan Pada Pencahayaan Yang Cukup, Dekatkan Kamera Pada Objek, Set Fokusnya Kemudian bidik, Insyallah Hasilnya Akan Bagus “.

Surabaya – Setiap orang tentu pernah mengalami moment yang indah, kejadian atau kegiatan penting pastilah akan kita dokumentasikan. Namun akan sangat kecewa bila hasil foto kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Salah satu alat dokumentasi yang biasa kita gunakan adalah foto dengan kamera ponsel. Pada era digital saat ini sudah banyak ponsel pintar yang memiliki kamera dengan kualitas bagus, namun semua akan tergantung penggunanya. Salah satu kegiatan program Labsite BPPAUD dan Dikmas Provinsi JAwa Timur adalah pembelajaran fotographi dengan kamera ponsel. Dengan pembelajaran ini diharapkan para peserta dapat memaksimalkan fungsi kamera pada ponsel pintarnya untuk mendokumentasikan baerbagai kegiatan yang ada diwilayahnya.

Pembelajaran yang dilakukan pada Minggu ( 7/10 ) pagi diawali dengan penjelasan materi  pembelajaran dengan judul Tips optimalisasi Kamera Ponsel untuk Fotographi yang disampaikan oleh Slamet Efendi, Ketua KIM Gatmedia. Pada kesempatan tersebut Cak Met, sapaan Slamet Efendi menjelaskan point – point penting dalam penggunaan kamera ponsel. SEcanggih apapaun jenis ponselnya tentu tidak bisa disamakan dengan kamera profesional untuk fotographi, karena itu kita harus memahami titik kelebihan dan kekurangan kamera ponsel agar hasilnya semaksimal mungkin.

Salah satu hal yang kurang baik dilakukan dalam pemotretan dengan kamera ponsel adalah penggunan Zoom atau pembesaran gambar. Pembesaran gambar pada ponsel bersifat digital sehingga ketika dipaksakan maka pada ukuran tertenu akan pecah gambarnya, Untuk itu ponsel harus didekatkan kepada objek fotonya.

Fasilitas auto fokus pada pada kamera ponsel menjadi salah satu keunggulan sehingga para pemula tidak perlu bingung untuk menggunakan kamera dengan kualitas bagus. Hal lain yang perlu diperhatikan menurut Cak Met adalah cara pengambilan gambar, gambar akan menarik jika diambil dari posisi yang pas. Sudut pegambilan gambar ini dalam dunia fotographi disebut dengan “angle”. Sudut pegambilan gambar pada eye level mungkin cocok jika digunakan saat foto bersama yang disifatnya formal, foto closeup, atau kegiatan -kegiatan resmi, namun akan tidak baik jika tehnis ini digunakan untuk moment santai atau non formal semisal saat dokumentasi jalan sehat, bersepeda, situasi kota, ramainya pasar dan lainnya.

Untuk pengembangan potensi  lokal Cak Met juga menyampaikan tehnik food fotographi, hal ini dimaksudkan agar potensi kuliner yang ada wilayah Kelurahan Gununganyar Tambak dapat dikenal luas. Cara pengambilan baik dan tepat yang baik akan menarik minat orang yang melihatnya untuk mencoba. Hal yang perlu diperhatikan dalam food fotographi adalah bentuk objek dan sudut pengambilan gambarnya.

Objek yang akan difoto harus ditata sedemikian bagus dengan menonjolkan item utama atau produk unggulan yang akan dipasarkan.  Misal jika kita memiliki unggulan ikan asap, maka komposisi ikan asap harus lebih menonjol dari bahan lain yang ada dalam satu tempat itu. Setelah itu baru kita perhatikan sudut pengambilan gambarnya, ” tempatkan pada pencahayaan yang cukup, dekatkan kamera pada objek, set fokusnya kemudian bidik, insyallah hasilnya akan bagus ” jelas Cak Met.

setelah mendapatkan materi para peserta kemudian melaksanakan praktek dilokasi wonowisata Bintang Mangrove dan di kebun raya mangrove Gunungayar. Masing – masing peserta diberikan kesempatan untuk praktek food fotographi, closeup fotographi untuk kegiatan prewedding dan  fotographi wisata alam. Yanuar Yudha, pengurus KIM Kota Surabaya yang turut mendampingi pembelajaran juga memberikan tips – tips pose yang bagus saat foto closeup untuk prewedding misalnya. Sesi pembelajaran diakhiri dengan naik prahu menyusuri sungai Kebon Agung, sisi utara perbatasan Kelurahan Gununganyar Tambak. ( Cak Met ,7/10 )

2 Comments

  1. Naila 14/01/2019

    kalau pake kamera HP tips mengatur pencahayaannya gmn ya?

    • admin Post author | 22/01/2019

      usahakan selalu ditempat yang penerangannya cukup, jika tidak anda harus pake lampu tambahan. jangan menghadap sumber cahaya… kira2 demikian. tambahan tips, jika beli hape cari hp yang kameranya memiliki aperture dibawah 2.0 agar sensitive terhadap cahaya. demikian dan terimakasih sudah mampir di blog kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares